Advokasi dalam Bimbingan dan Konseling
Oleh : Elsya Pratiwi
Permasalahan
siswa disekolah sungguh beragam. Meliputi bidang belajar, social, pribadi dan
karir. Guru BK bisa membantu siswa menangani asalah-masalahnya dengan melalui
berbagai layanan. Layanan yang diberikan guru BK adalah layanan orientasi,
layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan penguasaan
konten, layananan penguasaan perseorangan layanan bimbingan kelompok, layanan
konseling kelompok, layanan konsultasi, layanan meditasi, konfeerensi kasus,
layanan advokasi dan masih banyak lagi.
Disini
kita akan membahas mengenai layanan advokasi yang dilakukan oleh guru BK.
Layanan advokasi adalah layanan bimbingan konseling yang membantuu konselin
untuk memperoleh kembali hak-hak dirinya yang tidak diperhatikan atau mendapat
perlakuan yang menyalahi hak-haknya
Melihat
pengertian diatas, ternyata guru BK disekolah tidak hanya memberi bimbingan dan
konseling saja. Mereka harus memerjuangkan hak siswa yang tidak didapatkan
karena beberapa hal. Misalnya saja, siswa yang mengalami masalah belajar. Guru
mata pelajaran mengeluhkan bahwa siswa ini sering terlambat, sering bolos
sekolah, dan tidak mengerjakan PR. Setelah dianalisis ternyata siswa tersebut
adalah siswa yang berasal dari eluarga miskin yang tidak memiliki fasilitas
belajar. Apakah guru BK bisa mengkonseling siswa tersebut? mungkin bisa untuk
memotivasi siswa. Namun, masalah sebenarnya adalah fasilitas belajar yang tidak
dimiliki siswa. Dan bagaimana guru BK membantunya? Guru BK bisa membantu siswa
tersebut dengan advokasi. Mencari bebagai sumber beasiswa misalnya. Mngajukan
siswa tersebut sebagai calon penerima beasiswa disekolah.
Advokasi
pun bisa dilakukan untuk membantu siswa yang memiliki masalah-masalah diluar
kemampuan guru BK, misalnya kasus criminal, obat-obatan, atau kekerasan
seksual. Meskipun itu diluar kemampuan dan wewnang guru BK namun guru BK tidak
boleh diam saja. Guru BK harus membantu siswa tersebut untuk memperoleh
penanganan dari ahlnya. Guru BK bisa membantu anak melapor ke polisi, membawa
siswa ke psikolog. Guru BK hrus mendampingi siswa ketika sedang mnyelesaikan
masalahya.
Seperti yang sudah
dijelaskan diatas, dalam melakuan tugasnya, guru BK tidak bisa menjalankan nya
sendirian. Perlu adanya kolaborasi dengan berbagai pihak misalnya wali kelas dan
kepala sekolah. Begitupun ketika melakukan advokasi. Menjadi guru BK haruslah mempunyai
berbagai relasi dan memiliki banyak pengetahuan referensi lembaga, tempat,
ataupun yang lainnya yang sekiranya bisa dimintai bantuan untuk menyelesaikan
masalah siswanya.
Misalnya saja, jika ada
siswa yang mengalami kekerasan seksual dirumah yang dilakukan oleh ayahnya
sendiri. Tentu hal itu akan membuat anak takut untuk pulang kerumah bukan? Guru
BK harus tahu tempat/shelter yang
bisa ditempati anak tersebut untuk sementara waktu.demi keselamatan si anak.
Shelter biasanya disediakan oleh beberapa lembaga di Indonesia. P2TP2A
misalnya.
Menjadi guru BK harusah
sadar bahwa tidak semua masalah yang dialami siswa bisa diselesaikan oleh duru
BK sendiri. Dan, guru BK harus menyadari bahwa dia adalah orangtua siswa
disekolah yang harus mendampingi siswa mendapatkan hak nya yang selama ini
diabaikan oleh beberapa pihak
Casino in North Dakota, CO - DrmCD
ReplyDeleteVisit the Casino in North 목포 출장마사지 Dakota, CO near Denver, 목포 출장안마 CO for a beer tasting, view reviews, & other 구리 출장안마 Check our latest 용인 출장마사지 casino reviews, 광명 출장샵 photos and videos.